area kegiatan

ICBC (Institute for Community Behavioral Change) adalah sebuah lembaga studi tentang perubahan perilaku masyarakat dengan fokus utama bidang lingkungan dan bidang kesehatan (perspektif sosial). ICBC berkantor pusat di Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

ICBC mengawali kegiatannya pada tahun 2002, dengan pendirian dan pengelolaan perpustakaan psikologi independen oleh 4 orang mahasiswa. Koleksi perpustakaan ini pada awalnya adalah buku-buku milik Prof. Johana E. Prawitasari, PhD, Guru Besar dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya area garapan, ICBC berkembang menjadi sebuah lembaga studi, dengan Perpustakaan ICBC sebagai salah satu bagiannya. Pada 26 April 2007, akhirnya ICBC menjadi sebuah lembaga yang tercatat resmi di Kepanitiaan Pengadilan Negeri Yogyakarta No. 79/L/KUM.01.01/PN.YK/V/2007 sebagai Lembaga Kajian Perilaku Sehat dan Ramah Lingkungan ICBC.

Sedari awal, ICBC berkomitmen untuk mengembangkan pendekatan multidisipliner dalam kegiatannya. Komitmen ini semakin kuat penerapannya dalam Program Rekonstruksi dan Rehabilitasi Perumahan Pasca Gempa Bumi, pada tahun 2007 yang berlokasi di Pedukuhan Klisat, Pundong, Bantul. Pada program ini ICBC melibatkan sejumlah staf baik yang berlatar belakang ilmu sosial (ekonomi, psikologi dan sosiologi) maupun ilmu eksakta (teknik sipil dan arsitektur). Pada program ini pula ICBC berkesempatan bekerja sama dengan 11 LSM lokal di bawah payung Jejaring Ford Foundation.

Pendekatan multidisipliner juga diterapkan dalam program kegiatan masyarakat berikutnya, yaitu Program Pengelolaan Limbah Tepung Tapioka Ramah Lingkungan, di Bantul pada tahun 2008 – 2009. Program ini menggunakan pendekatan keilmuan ekonomi, sosial (pengorganisasian masyarakat), teknik mesin dan teknik elektro. Melalui program ini ICBC memberdayakan perempuan pengusaha kecil dan perempuan marjinal hingga dapat meningkatkan pendapatan ekonominya.

Program lain yang sedang dilaksanakan adalah Program Peningkatan Kesehatan Reproduksi untuk Remaja. Program yang dimulai pada awal tahun 2008 ini mengambil lokasi di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY. Dalam program yang juga mendapat dukungan The Ford Foundation ini, ICBC menjalin kerja sama dengan dua sekolah (SMA/SMK), CHPSC, Pemerintah Kecamatan Cangkringan, serta Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.
Area Kegiatan

Berbagai kegiatan ICBC dapat dirangkum dalam 5 hal, yaitu:
1. Perpustakaan Interaktif
2. Promosi Kesehatan Psikososial
3. Pendidikan Lingkungan
4. Peningkatan Kompetensi Pribadi dan Hidup Bermasyarakatpendidikan lingkungan sd
5. Pemulihan Psikososial Penyintas Bencana

Kelima area kegiatan tersebut bukan menunjukkan kekurangfokusan ICBC, namun justru menggambarkan komitmen yang berangkat dari beragamnya latar belakang minat, keilmuan, dan keahlian para personil yang bergabung di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>