Membuat Bijih Plastik dengan Mesin Pencacah Sederhana

hal.1 << halaman 2 dari 3 >> hal.3

Pengolahan Bijih Plastik di Pabrik

Secara garis besar, pabrik pengolah plastik akan memproses bijih plastik menjadi produk plastik baru dalam berbagai bentuk melalui beberapa proses. Bijih plastik dicuci dengan cairan kimia atau cairan panas, kemudian dipanaskan sampai cair lalu dicetak menyerupai lidi panjang.

Bentuk ini dapat dipotong kecil-kecil sesuai permintaan. Dalam proses pencairan (pelelehan) tadi, selain diberi pewarna (sesuai permintaan), biasanya ditambahkan pula polymer. Polimer adalah unsur kimia yang dapat merekatkan, melenturkan plastik, agar tidak mudah patah atau pecah saat dibentuk nantinya.

Potongan-potongan plastik yang sudah diwarnai ini dimasukkan ke dalam mesin cetak (moulding machine) untuk dilelehkan dan dicetak sesuai keinginan. Misalnya, embel, gayung, tas plastik, jerigen, dan lain-lain. Nah, produk-produk inilah yang kemudian kita temui di pasaran.

 

Bijih Plastik dari Mesin Sederhana

Anda mungkin bertanya-tanya, plastik yang seperti apa yang dapat diproses menjadi bijih plastik dengan mesin pencacah ini. Seperti Anda ketahui, terdapat bermacam-macam jenis plastik di dunia ini. Jenis-jenis plastik tersebut digolongkan dalam beberapa kelompok berkode. Untuk plastik kemasan produk pangan, terdapat tujuh kelompok dengan kode angka 1 hingga 7, diikuti singkatan nama bahan. Angka tersebut biasa ditulis di tengah gambar segitiga (simbol daur ulang).

Jenis plastik yang dapat dicacah dengan mesin ini adalah jenis plastik yang berkarakter cenderung keras dan tebal (bukan tipis seperti tas plastik, atau tas kresek). Contohnya adalah botol minuman, kursi plastik dan sebagainya. Biasanya berkode PET (Poly Ethylene Theraphalate), HDPE (High Density Polyethylene), PVC (Poly Vinyl Chlorida), PP (Poly Propylene), dan PS (Poli Styrene).

PET umumnya dipakai pada botol minuman atau bahan konsumsi cair lainnya, HDPE pada botol deterjen, PVC pada pipa dan furnitur, sedang PP pada tutup botol minuman, sedotan dan beberapa jenis mainan. Dan PS sering dipakai untuk pembuat kotak makan, kotak pembungkus daging, cangkir, dan peralatan dapur lainnya.

Menurut Nur Adnan dkk, mesin pencacah plastik yang ada sekarang ini menggunakan pisau yang terbuat dari baja pejal dan ber-casing (kemasan, tampilan luar) kurang menarik. Nur Adnan dkk memodifikasi mesin yang ada dengan mengubah bentuk pisau dan tampilan luarnya. Perubahan pada pisau bertujuan untuk meningkatkan putarannya sehingga diharapkan dalam waktu singkat dapat menghasilkan bijih plastik yang berkualitas. Sedang tampilan luar dimodifikasi agar lebih menarik dan memiliki nilai estetika.

Mesin pencacah plastik ini terdiri atas komponen-komponen yang berfungsi …>>baca lanjutannya>>

 

55 thoughts on “Membuat Bijih Plastik dengan Mesin Pencacah Sederhana

  1. krisna

    Menarik sekali artikelnya apakah bisa minta diinformasikan ke email saya ttg harga, profil dan kapasitas mesinnya serta brp banyak bijih plastik yg dihasilkan terima kasih sebelumnya.

  2. endriansyah

    mohon informasi harga mesiny dan profilny.,utk kapasitas mesin tersebut berapa banyak biji plastik yg di hasilkan dalam perhitungan per jam
    dan penggunaan utk penggerak mesin menggunakan listrik atw BBM..
    mohon info ke email saya..,tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>