Membuat Bijih Plastik dengan Mesin Pencacah Sederhana

Sampah merupakan persoalan tersendiri yang tak pernah selesai dibahas, apalagi di tengah ‘pemanasan global’ yang bukan sekedar isu lagi. Sampah non organik menjadi salah satu tersangka utama atas dosa abadinya yaitu tidak mau diurai oleh alam secara alami.

Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah non organik yang secara garis besar meliput kegiatan pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, dan pemrosesan material baru untuk proses produksi. Dengan daur ulang, sampah yang tadinya tak berguna disulap menjadi produk baru yang bernilai guna sama maupun produk baru yang punya fungsi berbeda.

Dalam pengertian sempit, tak jarang proses atau kegiatan daur ulang dinilai sebagai proses yang (lebih) mahal dibanding membuat produk baru. Namun secara kompleks, tujuan dari kegiatan daur ulang memiliki cakupan yang luas, yaitu mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi kerusakan lahan, dan mengurangi polusi dan emisi gas rumah kaca, ketimbang proses pembuatan barang baru. Penghematan energi dan polusi yang cukup besar bisa didapatkan dari daur ulang kertas, logam, kaca, dan plastik.

Menyikapi hal ini, Nur Adnan DR beserta kawan-kawannya, mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta, membuat mesin pencacah plastik. Mesin sederhana ini cukup produktif dan efisien digunakan di lingkungan rumah tangga untuk mengubah bentuk sampah plastik menjadi bijih plastik (flakes, keping-keping plastik yang lebih kecil, sehingga lebih mudah diolah lagi). Dengan demikian, sampah plastik yang menumpuk di lingkungan rumah tangga atau industri rumah tangga dapat lebih terkelola sehingga lingkungan lebih bersih dan sehat. Selain itu, pabrik pengolah plastik mau membeli sampah plastik yang sudah tercacah karena memperingan proses produksi mereka. Dan itu, berarti pendapatan bagi warga masyarakat.

Secara garis besar, pabrik pengolah plastik akan memproses bijih plastik menjadi produk plastik baru dalam berbagai >>baca lanjutannya>>

 

55 thoughts on “Membuat Bijih Plastik dengan Mesin Pencacah Sederhana

  1. bayu iskandi

    Mas saya tertarik dengan mesin pencacah sederhana yang mas Adnan kemukakan, boleh gak saya dapat gambaran lebih lanjut dan bahkan harga mesin terbut, trims sebelumnya.

  2. rakhma

    saya saat ini sedang mencari jalan untuk ikut menangani sampah plastik yang ada di sekitar tempat tinggal bahkan berkeinginan untuk menangani 1 Kabupaten tetapi saya belum tau bagaimana cara memulai dan siapa yang bisa menerima hasil olahan nantinya, apakah bisa saya dikirimkan info lebih lengkap untuk proses pembelian mesin pengolah plastik , harga serta info pemasaran hasil olahannya nanti? saya juga informasikan mengenai alamat saya yaitu Bengkulu. Apakah memungkinkan bagi saya untuk membeli mesin dari Jawa?

  3. Astuty

    mimin, tolong minta info soesifikasi mesin sama harganya juga, juga link buat tanya-tanyanya, makasi mimin :)

  4. Yuliana Bubun R

    saya saat ini sedang mencari jalan untuk ikut menangani sampah plastik yang ada di sekitar tempat tinggal bahkan berkeinginan untuk menangani 1 Kabupaten tetapi saya belum tau bagaimana cara memulai dan siapa yang bisa menerima hasil olahan nantinya, apakah bisa saya dikirimkan info lebih lengkap untuk proses pembelian mesin pengolah plastik , harga serta info pemasaran hasil olahannya nanti? saya juga informasikan mengenai alamat saya yaitu Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Apakah memungkunkan bagi saya untuk membeli mesin dari Jawa?

  5. darsono

    Gambar mesinnya kayak apa. Bagaimana specifikasi mesin tersebut? Dimana jika ingin membeli mesin tersebut and berapa harganya

  6. Rommy

    Mohon informasi harga dan kapasitas mesin cacah plastik, saya tertarik untuk pengelolaan limbah plastik di perumahan saya, terima kasih.

  7. robby

    Siang…
    Pak Bisa Minta tolong kirim ke email saya mengenai specifikasi, harga dan sistem kerja mesin.
    Saya tertarik…

    Terimakasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>