Koleksi & Kegiatan Perpustakaan ICBC

Koleksi

Koleksi Perpustakaan ICBC mengalami banyak pertambahan, di antaranya buku, jurnal ilmiah (terbaru 2009 dalam bentuk digital atau softcopy), kliping, majalah, surat kabar, buku dongeng, novel, permainan edukatif dan masih banyak lagi. Sebagian besar koleksi didominasi oleh buku-buku tentang ilmu psikologi (ilmiah maupun popular). Namun tidak perlu khawatir, ada banyak buku-buku umum yang dapat diakses dan dinikmati, termasuk buku-buku baru. Buku-buku tersebut di antaranya berstatus pinjam, hasil kerja sama dengan Perpustakaan Daerah Istimewa Yogyakarta (PERPUSDA) dan Komunitas 1001 Buku. Dalam hal ini Perpustakaan ICBC berperan sebagai ‘agen sirkulasi’. Dari Perpusda, terdapat sekitar 300 buku yang sebagian besar bertema psikologi, sedang dari Komunitas 1001 Buku sejumlah 80an buku anak yang setiap satu-dua bulan sekali ditukar.

Dari kelompok kliping, selain tema yang sudah ada sejak dulu (kesehatan reproduksi, psikologi populer, anak, desain, kebudayaan sosial, lingkungan, dan teknologi tepat guna), kini Anda dapat juga menemui kliping tentang Obama dan Komik Anak.

Tabel Aktivitas 2010

Januari

Febuari

Maret

April

Mei

Juni

Kunjungan

78

185

287

231

167

48

Jumlah Anggota

585

591

599

611

612

615

Koleksi menurut Judul Buku

2120

2120

2120

2125

2151

2153

Koleksi menurut Jumlah Eksemplar

3704

3704

3704

3710

3731

3733

* Kunjungan user/ pengguna mengalalami peningkatan dan penurunan, sebagian besar dipengaruhi oleh adanya libur atau ujian semester.

Kegiatan

Setiap bulannya pada minggu ke 3 atau minggu 4, pengelola Perpustakaan ICBC mengadakan kegiatan rutin bulanan seperti diskusi, nonton film, dan menggelar aneka permainan edukatif anak. Acara ini disajikan secara bervariasi. Kegiatan ini terbuka untuk umum jadi siapa saja boleh mengikutinya. Selain itu kegiatan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi bila ingin mengikuti dan mengetahuinya silahkan datang ke Perpustakaan ICBC. Anda akan memperolah hal-hal menarik dari kegiatan-kegiatan tersebut.

Kegiatan bagi Pengguna Dewasa

Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang digelar di Perpustakaan ICBC dalam beberapa bulan terakhir.

29 Januari 2010, Diskusi “Menjinjing Mimpi ke/dari New Zealand” dengan narasumber Edward Theodorus. Acara yang ini membahas tentang bagaimana trik-trik keluar negeri dengan modal minimal.

9 April 2010, Diskusi tentang ‘Punk’ dengan narasumber Mechthild von Vocano dari Jerman. Acara ini diawali dengan pemutaran film dokumenter karya Mechthild, dilanjutkan dengan diskusi. Banyak sekali orang yang datang, termasuk beberapa teman dari komunitas punk sendiri, ingin mengetahui lebih dekat tentang dunia Punk dan komunitasnya.

7 Juni 2010, Diskusi “Persepsi Anak terhadap Gempa Bumi: Studi di Dua Dusun di Kabupaten Bantul” dengan narasumber  Nindyah Rengganis, S.Psi. Dalam kesempatan ini narasumber menceritakan pengalaman dan hasil penelitiannya tentang persepsi anak mengenai apa yang mereka pikirkan, rasakan dan butuhkan pada saat terjadi gempa bumi.

Kegiatan di Ruang Baca Anak

Ruang Baca Anak yang ada di perpustakaan ICBC saat ini sebagian besar pengunjungnya adalah anak-anak yang tinggal di sekitar perpustakaan, ditambah anak-anak siswa SD Muhammadiyah Sukonandi. Mereka memanfaatkan Ruang Baca Anak sebagai tempat membaca, bermain, dan tempat alternatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan interaktif, seperti melukis, membuat boneka kertas, bercerita, menggambar, dan lainnya. Bahkan ada siswa yang menganggap Ruang Baca Anak sebagai tempat rahasia, tempat ia berkumpul dengan kawan-kawan kelompoknya (clique). Ibu-ibu pun tak jarang menyempatkan membaca koleksi yang ada di Perpustakaan ICBC selagi menunggu (menjemput) anaknya pulang sekolah.

Kadang-kadang anak-anak terlambat mengembalikan buku pinjamannya. Tapi tidak ada denda rupiah atau sanksi lainnya. Mereka hanya diminta menyumbangkan gambar/lukisan, cerita atau puisi untuk mengganti kekecewaan teman lain yang tertunda membaca buku yang telat dikembalikan. Sampai saat ini, kebanyakan sumbangan yang diberikan dalam bentuk puisi.

Menonton Film 'UP' di Ruang Baca Anak ICBC. Ekspresi ketegangan yang hakiki, dari kanak-kanak hingga dewasa...

Menonton Film 'UP' di Ruang Baca Anak ICBC. Ekspresi ketegangan yang hakiki, dari kanak-kanak hingga dewasa...

Bikin sendiri boneka horta-mu. Murah meriah dengan biji tanaman lokal: PADI

Bikin sendiri boneka horta-mu. Murah meriah dengan biji tanaman lokal: PADI

Batu pun bisa warna-warni.

Batu pun bisa warna-warni.

Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang diadakan untuk anak di Ruang Baca Anak Perpustakaan ICBC:

21 Januari 2010, Nonton Film “UP” di Ruang Baca Anak, di hadiri oleh anak-anak warga Gunungketur. Dengan harapan setelah menonton film ”UP”, anak-anak akan terinspirasi untuk tidak menyerah dalam menggapai cita-citanya.

22 Februari 2010, Membuat “Boneka Horta” ala ICBC. Anak-anak diajak mengenal lingkungan melalui pengalaman menanam tumbuhan dan proses perawatannya. Boneka Horta berbiji padi yang disimpan di Perpustakaan ICBC membuat anak-anak sering berkunjung ke perpustakaan untuk menyiram dan melihat hasilnya. Dampak positifnya, mereka pun jadi lebih sering mengunjungi Ruang Baca Anak.

24 Mei 2010, “Melukis Batu“ acara ini di pandu oleh Mbak Mada, Mbak Nisak, dan Mas Pram.  Anak-anak dibebaskan memilih batu-batu kecil yang ada di halaman perpustakaan. Mereka kemudian mencuci dan mengeringkannya sebelum dilukis sesuai ide masing-masing.

8 dan 9 Juli 2010 “Membuat wayang dan membuat boneka dari kain flannel”. Mengisi liburan sekolah, anak-anak diajak untuk terampil membuat mainan sendiri dengan bahan murah dan memanfaatkan barang bekas.

Nah, bagi para pembaca yang ingin berbagi pengetahuan, pengalaman atau  keterampilan, Perpustakaan ICBC dan Ruang Baca Anak akan senang sekali menyambutnya. (Darto Pramono)

2 thoughts on “Koleksi & Kegiatan Perpustakaan ICBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>