Mengintip Koleksi Perpustakaan ICBC dari Internet


Otomasi perpustakaan adalah sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan bantuan teknologi informasi. Otomasi ini dijalankan dengan suatu jaringan komputer yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Penerapan jaringan komputer di perpustakaan dapat meningkatkan kinerja pustakawan sekaligus mengefektifkan dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Perpustakaan ICBC sebagai perpustakaan interaktif sebagian besar  koleksi utamanya adalah literatur-literatur bidang psikologi, buku teks/ilmiah, buku popular, kliping dan buku-buku anak. Seiring dengan meningkatnya keperluan pengguna (seperti permintaan akan akses yang lebih cepat ke informasi yang di perlukan dari dalam maupun luar perpustakaan) maka diperlukan sebuah sistem otomasi yang bisa memberikan kemudahan-kemudahan pengguna.

Dari penggunaan sistem otomasi dengan CDS/ISIS dan BookLibrary (hanya dapat digunakan untuk pencarian di tempat), kini Perpustakaan ICBC mulai menggunakan sistem manajemen perpustakaan SENAYAN. SENAYAN Library Management System (SLIMS) merupakan piranti lunak berbasis web yang bebas dipakai (Open Source Software) buatan Indonesia.

Piranti lunak ini dapat difungsikan untuk pekerjaan operasional perpustakaan mulai dari akses katalog secara online, pengadaan, katalogisasi, inventarisasi, keanggotaan, pengelolaan terbitan berkala, sirkulasi, stock taking, pelaporan, pembuatan barcode koleksi, konfigurasi sistem, multi bahasa, dan pekerjaan lain dalam lingkup operasi perpustakaan.

Mulai sekarang, dimanapun Anda berada, dapat mengakses http://perpustakaanpsikologi.icbc-indonesia.org/ untuk mencari koleksi yang ada di Perpustakaan ICBC. Dengan catatan, komputer Anda terhubung dengan internet. Bahkan saat ini pun Perpustakaan ICBC sudah terhubung dengan jaringan perpustakaan Yogyakarta secara online di www.jogjalib.net. Dengan melakukan pencarian koleksi di www.jogjalib.net, Anda berarti melakukan pencarian koleksi dari sekitar 8 (delapan) perpustakaan di Yogyakarta. (Darto Pramono)